1 Ramadhan 2024 Jatuh pada Tanggal Berapa? Hasil Sidang Isbat Pemerintah

 



Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Hasil itu disampaikan dalam sidang isbat yang digelar secara langsung di kantor Kemenag,  Jakarta Pada Tanggal 10 Maret 2024

 

Berdasarkan perhitungan astrionomi, Tim Kemenag melaporkan posisi hilal awal Ramadhan 1445 H di Indonesia, bahwa posisi hilal masih rendah di Indonesia.

Tim Kemenag melaporkan posisi hilal awal Ramadan 1445 H di Indonesia masih rendah.

Sementara itu, Anggota Tim Hisab dan Rukyat Kemenag, Cecep Nurwendaya mengatakan hilal di Indonesia sangat sulit diamati. Bahkan, beberapa kriteria mengatakan tidak ada referensi apapun bahwa hilal serendah ini bisa diamati.

 Cecep menyebut hasil kesepakatan MABIMS (Menteri Agama Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia dan Singapura), kriteria visibilitas hilal berubah menjadi ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. Oleh karena itu, hilal di Indonesia sore ini tidak bisa diamati.

Dengan demikian, umat Islam yang mengikuti jadwal pemerintah akan melaksanakan sholat Tarawih pada hari Senin, 11 Maret 2024, malam. Adapun awal puasa Ramadhan dilaksanakan pada Selasa, 12 Maret 2024.


Posting Komentar untuk "1 Ramadhan 2024 Jatuh pada Tanggal Berapa? Hasil Sidang Isbat Pemerintah"