Jabal Uhud-Gunung Gunung yang akan ada di surga

 


Jabal Uhud memiliki nilai sejarah bagi umat Islam tak seperti gunung atau Bukit lainnya, Jabal Uhud memiliki keistimewaan sendiri.
Jabal Uhud adalah salah satu gunung yang dijanjikan kelak ada di surga,  jika kita hendak melihat gunung yang terdapat di surga, maka ziarahlah ke gunung uhud. 

Rasulullah bersabda, gunung uhud ialah salah satu dari buki bukit yang terdapat di surga, demikian hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari. 

Jabal Uhud sendiri memiliki tinggi sekitar 1050 meter , lokasinya terletak di sebelah utara Kota Madinah Arab Saudi , dan terdiri dari batu batuan granit, marmer merah ,dan batu batu mulia.

gunung yang menyimpan sejarah ini memang tampak seperti gunung yang menyendiri, tidak tersambung dengan gunung lainnya, karena itu namanya Jabal Uhud ,  yang berarti gunung yang menyendiri. 

di lokasi ini juga terdapat makam Syuhada uhud , lokasinya di pagar secara rapat , Selain itu dilapisi kaca plastik tipis sehingga tidak bisa dilihat terlalu jelas dalamnya, tempat ini merupakan pemakaman bagi sahabat Rasulullah yang gugur pada pertempuran Uhud. 

di Lembah Bukit ini Dahulu pernah terjadi perang Dahsyat, antara kaum muslimin berjumlah 700 Orang, melawan kaum musyrikin Mekkah, dengan jumlah yang tak seimbang, mereka menyerang dengan tentara tak kurang dari 3000 orang. 

perang ini terjadi pada 15 Syawal 3 Hijriah, yang terkenal dengan nama Perang Uhud, dalam lembah yang berada di kaki gunung uhud, pernah terjadi sebuah perang Dahsyat antara kaum muslimin yang berasal dari Madinah,  yang dipimpin Rasulullah, dengan kaum musyrik dari Mekkah.
jumlah pasukan kaum muslimin yang ikut berperang  awalnya Ada 1000 orang, tetapi ada sejumlah orang orang munafik, yang ikut berperang mengundurkan diri, dan kembali ke Madinah.

Jadi total Pasukan yang dipimpin sendiri oleh Rasulullah berjumlah 700 orang , sementara musuh terdiri dari 3000 orang musyrikin Qurais.
terjadi pertempuran hebat dalam peperangan tersebut , kaum muslimin sebenarnya telah mendapatkan kemenangan dan kaum musyrikin pontang panting, namun para pemanah yang berada di atas gunung  tergoda melihat barang barang berharga ,  yang ditinggalkan oleh kaum musyrikin , dan akhirnya para pemanah ini meninggalkan posnya .
mereka turun dari bukit , hingga lupa pesan Rasulullah agar mereka tidak meninggalkan Bukit tersebut, semuanya turun kecuali komandannya Abdullah bin Jabir .dan 6 pemanah lainnya melihat situasi Itu .
Khalid bin Walid merupakankomandan Quraisy saat itu , dan belum masuk Islam , ia memanfaatkan keadaan , membawa pasukan berbelok dari arah belakang Pasukan Islam, dan pasukan kaum muslim mengalami kekalahan.
pasukan Islam pun berjatuhan, perang ini menggugurkan 70 sahabat Rasulullah, termasuk tujuh pahlawan uhud yang paling membuat Rasulullah Terpukul dan sedih, 
Yakni gugurnya sang Paman Hamzah bin Abdul Muthalib.


Jabal Uhud pernah bergetar ketika Rasulullah berjalan di atasnya, bersama Sayyidina Abu Bakar ,Umar dan sayyidina Usman, ketika itu nabi menghentakkan kakinya dan berkata, Diamlah engka uhud , di atasmu sekarang ada Rasulullah dan orang yang selalu membenarkannya, yaitu Abu Bakar dan dua orang yang akan mati syahid , Umar Bin Khottob dan Utsman bin Affan.

seketika itu gunung uhud pun diam, mentaati ucapan Nabi Muhammad .

Posting Komentar untuk "Jabal Uhud-Gunung Gunung yang akan ada di surga"