Tidak Makan 2 Minggu Karena Merindukan Nabi Muhmmad SAW


 Dikisahkan dalam Kitab Maulid addiba’i.

Suatu ketika Syekh Abdurrahman ad diba’i sedang berkumpul dengan orang-orang di kota Sabit, yaitu ujung kota Yaman untuk berziarah ke makam Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam di kota Madinah.

Adapun jarak perjalanannya membutuhkan waktu selama 2 minggu,  ketika rombongan hendak bergerak ke Kota Madinah, tiba-tiba ada seorang anak kecil berusia 8 tahun dating,  dan menyapa Syekh Abdurrahman ad diba’i,

wahai syekh aku ikut ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW,  permintaan anak kecil itu tidak diizinkan oleh Syekh Abdurrahman Ad diba’i , karena khawatir membuat susah rombongan.

Kemudian Syekh Abdrrahman ad diba’i bertanya kepada anak kecil itu,  

kenapa kau sangat ingin ikut?.

lalu anak itu berkata”  Wahai Syekh Percayalah, ! aku sangat rindu kepada Rasulullah.

namun dijawabnya?. sudahlah kau tetap tak boleh ikut?.

maka kemudian berjalanlah rombongan syekh Abdurrahman Ad diba’i, ketika tiba di kota Madinah , tepatnya di depan makam Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Syekh Abdurrahman ad diba’i terkejut,  melihat anak kecil itu ada di hadapannya.

wahai anak kecil?,

Bagaiman kau datang?.

bagaimana kau bisa ikut?.

ketika Kalian berangkat aku masuk ke dalam kotak, ikut bersama rombongan ziarah ke makam Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, kata anak itu.!.

Syekh Abdurrahman addiba’i berkata?.

“aku tidak heran kalau kau masuk peti,  Tapi selama 2 minggu, kau makan dan minum dari mana?. tidak ada makanan dan tidak ada minuman,  wahai syekh sungguh aku dilupakan dari makan dan minum,  karena sangat rindu kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam .

 

Kemudian anak kecil tadi pun bertanya?

wahai syekh, ! Apakah benar Tanah ini pernah dipijak oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Kemudiian Syekh Abdurrahman ad diba'I menjawab.  iya benar.

kemudian anak itu mengambil tanah tersebut,  lalu diciumnya tanah tersebut, anak kecil itu tiba-tiba roboh seakan-akan pingsan, dan ternyata anak kecil itu telah meninggal,  anak kecil itu pun dikebumikan di luar kota Madinah,kemudian Syekh Abdurrahman addiba’i dan para rombongan mengerjakan umroh.

saat pulang Syekh adiba'i teringat anak itu lalu datang menziarahi makamnya, ketika Syekh melihat keadaan makam tersebut, syekh addiba’i menjadi bingung, karena makam yang berada di luar kota Madinah, berangsur angsur bergeser masuk ke Kota Madinah, mendekati makam Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

melihat itu menangislah Syekh Abdurrahman addiba’i.  sampai sekarang makam tersebu,  masih ada di seberang masjid Nabawi.

Syekh berkata . wahai anak kecil betapa hebat dan Mulianya engkau, sewaktu kecil kau rindu hendak ziarah ke makam Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam,  dan waktu  wafat kau juga rindu kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam , Syekh Abdurrahman menangis di dalam rumahnya,  aku ini adalah seorang Imam tapi aku malu melihat kecintaan seorang anak yang sangat mencintai Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam 

Posting Komentar untuk "Tidak Makan 2 Minggu Karena Merindukan Nabi Muhmmad SAW"